Labels

9.24.2012

Cara Menyetem Gitar Dengan Mudah

Cara menyetem gitar memang susah banget, apa lagi untuk pemain gitar pemula. Oleh karena itu tadi pagi saya melakukan riset mengenai cara menyetem gitar yang baik dan benar. Sekarang saya juga akan ngeshare teknik ini ke teman-teman sekalian. Sebelum kalian memulai nyetem gitar kalian harus mengetahui dulu dasar-dasar dari senar gitar.

Cara Menyetem Gitar – Senar Gitar


  • E – senar yang paling tebel, suara paling rendah, yang juga di kenal dengan senar ke 6
  • A – senar ke 5
  • D – senar ke 4
  • G – senar ke 3
  • B – senar ke 2
  • E – senar yang paling tipis dengan suara paling tinggi
Cara Menyetem Gitar – Dasar-Dasar Dalam Menyetem

Cara Menyetem Gitar Langkah Pertama – Senar E
Untuk senar E kalian harus mengatur nya dengan se akurat mungkin. Tapi kemungkinan besar sih nada nya ngga kemana-mana, soalnya ini kan senar paling tebel, jadi kemungkinan besar dia nada nya ngga drop. Atau misalnya nada nya memang drop dan terdengar fals, kalian dapat mencari alat musik di sekitar kalian misalnya piano dan cocokan dengan senar E nya. Sebelum kalian melangkah ke tahap berikut nya dalam cara menyetem gitar, alangkah baiknya urusin dulu senar E nya.

Cara Menyetem Gitar Langkah Kedua – Senar A
Taruhlah jari kalian ke fret kelima di senar E. Itu adalah nada A. Tahanlah jari kalian disana, dan sekarang bunyikan senar yang ke 5 dan senar ke 6 bergantian. Sekarang perlahan ubahlah nada dari senar ke 5 mengikuti suara senar ke 6.

cara menyetem gitar langkah kedua 300x86 Cara Menyetem Gitar yang Baik dan Benar
Cara Menyetem Gitar Langkah Ketiga – Senar D
Tekan fret kelima pada senar A, dan bunyikan bergantian dengan senar ke 4.

cara menyetem gitar langkah ketiga 300x86 Cara Menyetem Gitar yang Baik dan Benar
Cara Menyetem Gitar Langkah Keempat – Senar G
Tekanlah fret ke 5 pada senar G, dan kalian akan membunyikan nada D. Secara bergantian petiklah senar D dan senar G sambil tetap menekan fret ke 5 dari senar G.

cara menyetem gitar langkah keempat 300x86 Cara Menyetem Gitar yang Baik dan Benar
Cara Menyetem Gitar Langkah Kelima – Senar B
Untuk langkah yang kelima ada sedikit yang berbeda. Sebelum nya kalian kan cuma perlu pencet fret ke 5, tapi untuk kali ini kalian perlu pencet fret yang ke 4. Untuk sisanya itu sama semua, fret 5. Jadinya inget ini terus, yang berbeda itu cuma senar B, atau senar ke 5.

cara menyetem gitar langkah kelima 300x86 Cara Menyetem Gitar yang Baik dan Benar
Cara Menyetem Gitar Langkah Keenam – Senar E
Taruhlah jari kalian di fret kelima pada senar B, dan kalian akan membunyikan nada E. Sekarang secara bergantian bunyikan senar pertama dan kedua, dan aturlah suaranya dari senar pertama agar sesuai dengan suara senar kedua.

cara menyetem gitar langkah keenam 300x86 Cara Menyetem Gitar yang Baik dan Benar

Cara Menyetem Gitar – Penutup
Jadi ya itu lah tadi dasar-dasar dari cara menyetem gitar. Ternyata ngga begitu susah kan. Mungkin gara-gara aku sering lihat orang lain menyetem gitar menggunakan feeling, jadi rasanya terintimidasi atau gimana. Awalnya bingung juga sih, tetapi setelah nyoba sendiri ternyata nggak begitu susah. Ya sampai disini saja ya pembahasannya mengenai cara menyetem gitar dengan mudah.

1 komentar: