Labels

9.22.2012

Tips Bermain Catur

Teman - teman pasti donk udah tau yang namanya "CATUR" atau dalam bahasa inggrisnya "CHEES"??(Opps, sorry... salah ketik, maksud saya "CHESS"!!!), ya udahlah, gak terlalu penting amat. Nah, kali ini saya akan share nich tips - tips bermain catur buat para pemula maupun teman-teman yang pada galau
karena selalu kalah maen catur, karena bermain catur membutuhkan daya analisis yang cekatan, strategi , dan sangat menguras pikiran. Langsung saja, tips - tips bermain catur :

  1. Kuasai bagian tengah. Bidak - bidak membutuhkan ruang agar dapat bergerak dengan bebas, dan di bagian tengahlah pergerakan yang paling fleksibel.
  2.  Buka permainan dengan langkah yang elegan. Misalnya dengan menjalankan satu pion dengan dua langkah atau dua pion di sisi kiri dan kanan masing - masing satu langkah.
  3. Dahulukan menjalankan kuda sebelum gajah. Langkah kuda (huruf L) akan memudahkan untuk mengobrak abrik pertahanan lawan.
  4. Dahulukan menjalankan gajah sebelum benteng. 
  5. Jika memungkinan, sebaiknya didahulukan untuk melangkahkan benteng sebelum menteri sebagai penjaga terakhir dari raja.
  6. Lakukan rokade (castle) dengan cepat. Rokade merupakan tujuan penting dalam bagian awal permainan, karena memiliki 2 tujuan bernilai: memindahkan raja ke tempat yang lebih aman dari tengah papan, dan memindahkan benteng ke tempat yang lebih aktif di tengah papan.
  7. Lindungi bidak-bidak yang lain. 
  8. Gunakan tipuan atau sergapan yang bisa memerdayai lawan.
  9. Pakai strategi dan maksud yang sulit ditebak oleh pihak lawan.
  10. Jika terpaksa, tak masalah untuk mengorbankan salah satu punggawa Anda untuk mendapatkan buah yang lebih tinggi jabatannya.  
          Hindarilah:
  1. Tunda sekak terhadap raja lawan sampai momen itu benar-benar datang. Akan sia-sia jika Anda melakukan sekak terlalu cepat. 
  2. Usahakan untuk memenjarkan prajurit Anda secara terpola dengan masing-masing peran.
  3. Hindari permain bidak bertumpuk, dimana semua prajurt berada dalam bidak yang saling berdekatan. Hal tersebut akan menyulitkan langkah Anda sendiri.
  4. Sebaliknya, jangan mengisolasi prajurit Anda. Camkan bahwa setiap nyawa sangat berharga dalam membela kerajaan catur Anda.
  5. Rileks saja dalam melakukan permainan.
    Nah, itulah tips - tips dalam bermain catur yang jitu, mudah - mudahan bisa membantu teman - teman sekalian yang pada galau karena selalu kalah. Tolong poskan komentarnya ya. Wassalam!

0 komentar:

Posting Komentar